8 Faktor Utama Penyebab Wanita Sulit Hamil

indomonopoly.com

Setelah menikah beberapa tahun dengan pasangan, Anda tak kunjung menunjukkan tanda-tanda kehamilan. Padahal selama ini Anda tidak pernah dengan sengaja menunda program untuk mendapatkan momongan ini. Akibatnya, Anda dan pasangan jadi memiliki pikiran yang aneh-aneh.

Well, daripada memiliki pikiran yang aneh, lebih baik Anda pelajari terlebih dahulu beberapa faktor yang bisa membuat Anda sulit untuk mendapatkan keturunan seperti yang dirangkum oleh tim meetdoctor.com berikut ini.

1. Umur

Kemampuan reproduksi wanita menurun drastis setelah umur 35 tahun. Hal ini dikarenakan cadangan sel telur yang makin sedikit.

2. Kondisi reproduksi wanita, meliputi cervix, uterus, dan sel telur.

3. Kondisi reproduksi pria, yaitu kualitas sperma dan seksualitas.

4. Masalah Tiroid

Hipertitodisme kondisi ini dikarenakan adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif, sedangkan tiroid hipotorodisme merupakan kondisi dikarenakan tiroid tidak aktif, kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.

5. Stres

Stres memicu pengeluaran hormon kortisol yang mempengaruhi pengaturan hormon reproduksi.

6. Lingkungan

Paparan terhadap racun seperti lem, bahan pelarut organik yang mudah menguap, silikon, pestisida, obat-obatan (misalnya: obat pelangsing), dan obat rekreasional (rokok, kafein, dan alkohol) dapat mempengaruhi sistem reproduksi. Kafein terkandung dalam kopi dan teh.

7. Gaya hidup
 
Kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan salah satunya ketika anda adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat. Perhatikan pula konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, usahakan konsultasikan dengan dokter untuk pencegahan obat obatan tertentu.

8. Hubungan seksual
 
Penyebab infertilitas ditinjau dari segi hubungan seksual meliputi frekuensi, posisi, dan melakukannya tidak pada masa subur.

Setelah mengetahui beberapa faktor yang membuat Anda sulit untuk hamil, maka berikut adalah berikut usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah kemandulan atau infertilitas dikemudian hari :

-Hentikan kebiasaan merokok, mengkonsumsi obat-obatan terlarang atau minum-minuman beralkohol.
-Mengurangi mengkonsumsi minuman berkafein, karena dapat mengganggu kesuburan.
-Jaga keseimbangan berat badan, jangan terlalu gemuk dan jangan terlalu kurus.
-Jangan stress berlebihan.
-Siklus menstruasi tidak teratur, segerahlah konsultasikan dengan dokter ahli.
-Jika merasa ada yang tidak beres dengan tubuh, atau bagian vital segeralah periksa ke dokter.
8 Faktor Utama Penyebab Wanita Sulit Hamil  8 Faktor Utama Penyebab Wanita Sulit Hamil Reviewed by Unknown on 1:57 PM Rating: 5

No comments

Social Buttons