Filipina Dan China Bertemu Bahas Laut Cina Selatan.

www.indomonopoly.com
Utusan khusus Filipina Fidel Ramos hari ini, Sabtu (13/8) bakal berdiskusi formal dengan China untuk membahas masalah perdamaian dan kerja sama kedua negara. Sebelumnya Ramos sudah membahas masalah ini dengan mantan wakil menteri luar negeri Negara Tirai Bambu tersebut.

Dalam perjalanan terakhirnya ke Hong Kong, Ramos sempat mengatakan akan melakukan upaya perdamaian demi menghidupkan kembali hubungan dengan China.

"Kami ingin perbaiki masalah di kawasan dengan menempuh jalur perdamaian untuk memperbaiki kerja sama kedua negara," ucap sang mantan presiden, seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu
 (13/8).

Pengadilan arbitrase di Den Haag pada 12 Juli lalu memutuskan bahwa China tidak memiliki hak atas jalur perdagangan tersebut. Dalam putusan juga disebutkan Beijing telah melanggar hak-hak kedaulatan Filipina di sana.

Keputusan Mahkamah Internasional tertua tersebut jelas membuat Beijing berang. Pasalnya negara tersebut mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan yang setiap tahunnya lebih dari USD 5 triliun (setara Rp 62,5 triliun) perdagangan bergerak di sana.

Tak hanya Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam dan Taiwan juga memiliki klaim di wilayah laut kaya energi tersebut.

Filipina Dan China Bertemu Bahas Laut Cina Selatan. Filipina Dan China Bertemu Bahas Laut Cina Selatan. Reviewed by Unknown on 1:15 AM Rating: 5

No comments

Social Buttons